Tuesday, March 22, 2011

VLAN (Virtual Local Area Network)

Apa yang dimaksud dengan Trunking Port ?

Dalam jaringan komputer, Trunk adalah link point-to-point diantara satu atau lebih interface ethernet device jaringan seperti router atau switch. Trunk ethernet membawa lalu lintas dari banyak VLAN melalui link tunggal. Sebuah VLAN trunk mengijinkan kita untuk memperluas VLAN melalui seluruh jaringan. Jadi link Trunk digunakan untuk menghubungkan antar device intermediate. Dengan menggunakan port trunk, dapat digunakan sebuah link fisik untuk menghubungkan banyak VLAN.


Dalam konteks VLAN, Avaya dan Cisco menggunakan istilah trunking yang berarti "VLAN multiplexing", yaitu membawa beberapa VLAN melalui link jaringan tunggal melalui penggunaan protokol trunking. Untuk memungkinkan beberapa VLAN pada satu link, frame dari VLAN individu harus diidentifikasi. Metode yang umum dan paling disukai yaitu IEEE 802.1Q, dengan menambahkan tag ke frame Ethernet header, pelabelan itu sebagai milik VLAN tertentu. Karena 802.1Q adalah sebuah standar terbuka, maka satu-satunya pilihan dalam lingkungan dengan-vendor beberapa peralatan.

Cisco juga memiliki protokol trunking proprietary yang disebut Inter-Switch Link yang menyatukan frame ethernet dengan wadah sendiri, dengan label frame sebagai bagian dari sebuah VLAN tertentu.

Mengapa VLAN 1 disebut sebagai Native VLAN ?

Native VLAN dikeluarkan untuk port trunking 802.1Q dimana port ini mendukung lalu lintas jaringan yang datang dari banyak VLAN (tagged traffic), sama halnya dengan yang datang dari sebuah VLAN (untagged traffic). Port trunking 802.1Q menempatkan untagged traffic pada Native VLAN.

Native VLAN digunakan untuk :
- kompatibilitas pada system yang lebih tua.
- relevan untuk trunk port (trunk port membawa traffic pada multiple VLAN).
- VLAN diidentifikasi oleh sebuah “tag” di dalam sebuah frame.
- Native VLAN tidak memiliki tag.

Pada simulasi paket tracer diatas, VLAN 1 dibuat sebagai native karena merupakan default ethernet LAN, dimana semua port awalnya merupakan anggota VLAN 1.

Diteruskan ke UNSRI

0 comments: